Friday, January 18, 2019
Home / Radar Daerah / Radar Surabaya / Tiga Bulan Tak Gajian, Fasilitator PNPM Gadaikan Motor

Tiga Bulan Tak Gajian, Fasilitator PNPM Gadaikan Motor

gajian-sia-siaSURABAYA – Tidak gajian selama tiga bulan,  para fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Jatim, akhirnya menggadaikan sepeda motornya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu fasilitator PNPM Mandiri Pedesaan mengatakan, bulan Mei lalu, dirinya menggadaikan motor Supra X miliknya Rp 5 juta ke temannya.

Uang tersebut lantas dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai kebutuhan istri dan satu anaknya serta biaya operasional untuk turun ke desa binaan yang mendapat proyek PNPM Mandiri.

“Motor terpaksa saya gadaikan, karena tabungan sudah ludes untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sementara hutang sudah menumpuk di sana-sini,” ujarnya, kepada Surya (Tribunnews.com Network), Kamis (20/6/2013).

master tukang

Sumber ini mewanti-wanti agar namanya tidak disebut, karena beberapa kali kejadian, ketika ada fasilitator yang laporan ke media ketika ada suatu permasalahan, maka Penanggung Jawab Operasional PNPM Mandiri Jatim, yakni pejabat di Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Jatim langsung mencarinya.

Jika ketemu, langsung diberi sanksi, mulai dipindah tempat tugas sampai tidak diperpanjang kontrak kerjanya sebagai fasilitator.

Dikatakan, langkah menggadaikan atau menjual barang yang dimiliki tersebut, dilakukan oleh hampir sebagian fasilitator PNPM Mandiri Pedesaan di Jatim.

Apalagi saat ini, harga kebutuhan pokok naik semua seiring dengan rencana pemerintah akan menaikkan harga BBM.
“Makanya kami minta gaji yang belum dibayar selama tiga bulan, segera dicairkan. Kalau seperti ini, jangan salahkan kami kalau jadi malah bekerja. Wong pemerintah mau enaknya sendiri,” tegasnya.

Jika pemerintah tetap menahan dan menyandera gaji tersebut, fasilitator PNPM Madiri se-Jatim mengancam akan ngelurug ke kantor Bapemas Jatim, di Jalan A Yani, Surabaya untuk menggelar aksi besar-besaran.

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *