Thursday, February 22, 2018
Home / Radar Daerah / Radar Sidoarjo / Tidak Adanya PLN di Sidoarjo, Usaha Setrum Aki Laris – Manis
iklan elite door

Tidak Adanya PLN di Sidoarjo, Usaha Setrum Aki Laris – Manis

Di wilayah Plumbon atau Banjarpanji Sidoarjo, para warganya memanfaatkan aki untuk memperoleh listrik.

Salah satu warga yang membuka usaha setrum aki yakni Khoiron Niswanti yang tinggal di Desa Banjarpanji, Candi Sidoarjo.

Khoiron mengatakan jika usaha setrum aki tersebut telah berjalan selama 3 tahun.

Bisnis tersebut berawal dari ketiadaan sumber arus listrik PLN di wilayah di mana dia tinggal. Sehingga banyak warga yang memanfaatkan aki untuk memperoleh aliran listrik.

master tukang

Bermodalkan uang Rp 600 ribu, Khoirun membeli alat setrum aki dan kemudian selama 1 bulan dia mempelajari cara untuk mengisi daya aki.

Awal merintis usaha banyak aki tetangga yang rusak karenanya sehingga dia harus mengganti aki tersebut dengan kisaran harga Rp 90 ribu sampai Rp 200 ribu.

Dari sejumlah pengalaman tersebut Khoirun semakin cekatan dalam melakukan pengisian daya aki.

Harga untuk setrum aki sendiri senilai Rp 4.000 sampai Rp 8.000 untuk sekali penyetruman. Tetapi semua itu juga didasarkan pada lama atau tidaknya waktu penyetruman.

Meski terbilang sederhana tetapi tiap harinya Khoirun mengaku memperoleh Rp 20 ribu – Rp 50 ribu. Sehingga dalam satu bulan dia dapat memperoleh Rp 1,5 juta tetapi totalan tersebut masih dikurangi untuk biaya listrik sekitar Rp 200 ribu / bulan.

Walaupun menguntungkan tetapi dia berharap segera ada aliran listrik PLN ke daerahnya. Lantaran dia merasa kasihan melihat warga yang terkadang malam – malam keluar rumah hanya untuk setrum aki.

Tetapi warga merasa beruntung dengan keberadaan usaha setrum aki milik Khoirun karena warga tidak perlu pergi ke kota hanya untuk setrum aki.”kata Maimuna warga Dusun Bangoan, Desa Kedung Beluk, Kecamatan Candi.

 

Incoming search terms:

berita sidoarjo terbaru hari ini

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *