Nasional

Politikus Gerindra: “Amin Rais Pecundang Reformasi”

Politikus Gerindra: “Amin Rais Pecundang Reformasi”. Sosok Amin rais yang akhir-akhir ini banyak mengeluarkan statement kontroversi, sering diklaim sebagai bapak reformasi. Namun banyak para pelaku reformasi ’98 yang tidak setuju dan menganggap Amin Rais sebagai pecundang bahkan pengkhianat Reformasi.

Siapa tokoh utama reformasi menjadi perbincangan panas setelah Sri Bintang Pamungkas cs menyebut Amien Rais pengkhianat. Aktivis ’98 yang turun langsung ke jalan, Desmond J Mahesa, mengutarakan pendapatnya soal siapa sebenarnya yang jadi tokoh sentral reformasi.

“Menurut saya sih mahasiswa itu sendiri. Jadi kayak Bintang dll itu kan adalah orang-orang tua yang sebenarnya tidak terlibat langsung dalam proses itu. Itu kan dimulai oleh kawan-kawan berbagai kampus melakukan advokasi-advokasi dalam suasana kondisi waktu itu di zaman Soeharto,” ujar Desmond saat dihubungi, Selasa (8/5/2018).

Desmond mengatakan mahasiswa merupakan tokoh utama reformasi. Mereka turun ke jalan dan mengadakan demo di beberapa kota di Indonesia. Puncaknya, di Jakarta, gedung DPR RI diduduki mahasiswa.

master tukang

Soal Amien Rais yang disebut PAN penggerak reformasi, Desmond tak setuju. Desmond merupakan salah satu aktivis ’98 yang duduk di parlemen saat ini.

“Nggak. Beliau itu dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk orang yang berbicara di panggung. Dia itu bukan inisiatornya, beliau itu adalah artis,” jelas Desmond.

Amien Rais dianggap Desmond hanya dimanfaatkan mahasiswa dalam reformasi. Kebetulan, kata Desmond, Amien saat itu merupakan tokoh yang berani vokal dengan memanfaatkan panggung mahasiswa yang menduduki DPR.

“Iya, karena kebetulan waktu itu dia berani ngomong apa adanya. Tapi kalau inisiator reformasi sendiri jauhlah, Amien Rais bukan siapa-siapa,” ucap Ketua DPP Gerindra itu.

Soal reformasi, Sri Bintang cs menuding Amien Rais sebagai pengkhianat. Bagi Desmond, Amien lebih pada pecundang. Apa maksud pecundang versi Desmond?

“Yang harus paham, Amien Rais tidak bisa kita sebut bapak reformasi ya. Kenapa? Karena, bagi kami mahasiswa, jebolnya konstitusi, UUD ’45 dengan amendemen itu kan Ketua MPR-nya Amien Rais. Jadi, kalau Amien Rais membobol dasar negara, Amien Rais itu pecundang, gitu, lo,” ucapnya.

“Menurut istilah saya, dengan saya pertanggungjawabkan, dengan kondisi rusaknya bangsa ini dengan salah satu jebolnya konstitusi kita dan di situ ada peran Amien Rais dan Megawati waktu itu presiden yang memegang benteng kerusakan bangsa ini semakin liar,” tandas Desmond.

Incoming search terms:

amin rais reformasi

Comments

comments

Tags

Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker