Bisnis Jatim

Mantan Napi Narkoba Produksi Frame Kacamata Diekspor Hingga Pasar Amerika

Apa yang dilakukan oleh M. Theo Zainuri (42) perlu dicontoh. Sebagai mantan pengguna Narkoba, kini dia bangkit menjadi pengusaha sukses.

Meski dulu pernah dipenjara di Lapas Lowokwaru, tapi kini dia berhasil merintis bisnis kecamata berframe kayu. Merek produk bisnisnya tersebut yakni Bambusee dan Sahawood.

Adapun kayu yang dipakai adalah kayu sonokeling dan kayu jati. Dia merintis bisnisnya semenjak pertengahan 2014.

Kini usahanya tersebut tembus hingga pasar Inggris, Amerika dan Australis padahal frame kacamata tersebut dikerjakan secara manual. Menariknya lagi usaha tersebut dibuat oleh sesama mantan narapidana narkoba bakan ada yang terkena HIV/AIDS.

master tukang

Dia yang juga sebagai pendiri Yayasan Sadar Hati Malang, benar – benar optimis jika usahanya tersebut akan berhasil.

Awal mula keberhasilannya ini dia rintis bersama para pengusaha yang sudah bersamanya di dalam yayasannya.

Dalam proses pembuatannya, framenya dibuat di Malang dan lensanya dibawa di Surabaya. dalam kurun waktu seminggu dia menghasilkan 15 frame kacamata. Setiap produknya dihargai Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu.

Sedangkan awal mula produknya hingga bisa diekspor ke mancanegara tersebut berasal dari ide temannya dari Australia.

Sang teman yang datang ke yayasannya waktu itu mengaku tertarik dengan produk yang dia buat. Dan sang teman memberinya ide untuk membuat frame dari kayu serta memberinya contoh frame kacamata dari kayu.

Meski selama 6 bulan mengalami masa buruk tetapi hal tersebut dapat dilalui juga. Usaha yang dijalankan dengan sistem online ini sekarang sudah kebanjiran pesanan.

Theo yang aktif di sejumlah organisasi seperti AUSAID 2011-2014, USAID 2006-2011 dan dia juga menjadi pendiri Rumah Baca Lintang Sidoarjo. Dari organisasi tersebut diproduksilah tas dari serat knaf.

Meski hanya lulusan SMP dan mantan narapidana narkoba tetapi Theo membuktikan jika dirinya masih berguna untuk masyarakat.

 

Comments

comments

Tags

Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker