Wednesday, February 20, 2019
Home / Pilgub Jatim 2018 / Khofifah Tempel Ketat Gus Ipul, Selisih 0,5% di Survey Kompas
Survey Khofifah terakhir

Khofifah Tempel Ketat Gus Ipul, Selisih 0,5% di Survey Kompas

Khofifah Tempel Ketat Gus Ipul, Selisih 0,5% di Survey Kompas. Tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak serta Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, dalam Pilkada Jawa Timur 2018 hanya selisih 0,5 persen.

Hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (12/3/2018) menunjukkan, Khofifah-Emil memperoleh elektabilitas 44,5 persen, sedangkan Saifullah-Puti 44,0 persen. Tipisnya selisih ini belum bisa menjadi dasar yang kuat untuk menyimpulkan bahwa pasangan Khofifah-Emil lebih unggul apalagi dengan perhitungan toleransi kesalahan pengambilan sampel penelitian atau sampling error yaitu +/- 3,46 persen.

Dengan demikian, kedua pasangan calon masih memiliki peluang dan kesempatan yang sama besarnya untuk mendulang dukungan pemilih. “Jadi kita enggak bisa mengatakan bahwa salah satu pasangan lebih unggul karena selisihnya sangat tipis dan di bawah sampling error.

Inilah gambaran Pilkada Jatim, kedua sosok ini sangat mendominasi,” tutur Yohan Wahyu, Peneliti Litbang Kompas. dalam wawancara dengan KompasTV, Senin pagi. Tipisnya selisih tingkat keterpilihan ini antara kedua pasangan calon diperkirakan karena kedua pasangan calon memiliki basis massa yang relatif sama, yaitu warga Nahdlatul Ulama (NU).

master tukang

Selain itu, keduanya juga mendapatkan perhatian besar dari pemilih karena baik Khofifah maupun Saifullah sama-sama populer dalam bidang masing-masing. Laporan lengkap Litbang Kompas ini bisa dibaca di harian Kompas yang terbit hari ini, Senin (12/3/2018) berjudul “Kristalisasi Dua Sosok”. Selisih tingkat elektabilitas yang amat tipis juga pernah terjadi pada Pilkada Jawa Timur 2008. Dari lima pasangan calon peserta pilkada, tidak ada pasangan yang perolehan suaranya lebih dari 30 persen.

Source: Kompas

 

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *