Thursday, September 20, 2018
Home / Pilgub Jatim 2018 / Khofifah-Emil Menang Pilgub Jatim 2018 di Semua Quick Count
pemenang pilgub jatim

Khofifah-Emil Menang Pilgub Jatim 2018 di Semua Quick Count

Khofifah-Emil Menang Pilgub Jatim 2018 di Semua Quick Count. Hasil pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 menempatkan Khofifah Emil sebagai pemenang. Sebagaimana dirilis oleh beberapa lembaga Survey salah satunya Litbang Kompas dan SMRC.

Hasil sementara disemua survey masih mengunggulkan Khofifah – Emil sebagai pemenang. Dengan rataan hasil kemengangan diatas 50% sementara Gus Ipul – Puti meraih angka dikisaran 40%.

Beberapa survey yang terlibat dalam Quick Count Pilgub Jatim adalah Litbang Kompas, LSI Denny JA, SMRC, Charta Politica.

Berdasarkan persentase data sementara yang masuk pada Rabu (27/6) pukul 15.51 WIB, Khofifah-Emil memperoleh 54,22 persen suara atau unggul dari lawannya yakni Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Sukarno.

master tukang

“Pasangan terpilih di Provinsi Jawa Timur Khofifah-Emil mengalahkan Gus Ipul-Puti,” ujar peneliti LSI Denny JA Mohammad Khotib di Jakarta.

Khofifah yang juga merupakan mantan Menteri Sosial itu didukung lima partai politik yaitu Golkar, Demokrat, Nasdem, PPP, dan Hanura.

Sedangkan, Gus Ipul-Puti yang didukung PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS tercatat baru memperoleh 45,78 persen suara.

Jumlah atau partisipasi pemilih yang tercatat dalam data sementara hitung cepat LSI Denny JA pada Pilgub Jawa Timur 2018 ini mencapai 64,88 persen dengan margin of error 1,00 persen dan persentase data diterima sebesar 94,75 persen.

“Dilihat perkembangan data, setidaknya tidak akan mengubah posisi, walaupun masih di angka 94 persen,” katanya.

Sedangkan berdasarkan hitung cepat Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Khofifah-Emil menang dengan presentase 52,39 persen.

Sedangkan Gus Ipul- Puti hanya mendapat 47,61 persen perolehan suara. Suara masuk mencapai 94,50 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mulai melakukan rekapitulasi suara sekaligus penetapan hasil pilkada serentak 2018 dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi pada 4-9 Juli mendatang.

“Pemenang sesungguhnya kami tegaskan merujuk sesuai hasil perhitungan atau rekapitulasi KPU setempat,” ujarnya.

Litbang Kompas mengambil 400 sampel TPS dengan metode pemilih sampel stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah.

Adapun simpangan kesalahan (margin of error) 1 persen. Artinya, hasil survei bisa bertambah atau berkurang sekitar 1 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 99 persen Angka ini bukan hasil penghitungan resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018. Hasil penghitungan resmi akan diumumkan KPU setelah rekapitulasi selesai.

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *