Thursday, September 20, 2018
Home / Nasional / Jokowi: Jangan Gentar, Reputasi Indonesia Diakui Dunia
indonesia disegani dunia

Jokowi: Jangan Gentar, Reputasi Indonesia Diakui Dunia

Jokowi: Jangan Gentar, Reputasi Indonesia Diakui Dunia. Presiden Joko Widodo meminta bangsa Indonesia tidak meragukan kemampuannya sendiri di dunia internasional. Ia menegaskan bahwa reputasi Indonesia telah diakui oleh negara-negara lain.

“Indonesia tidak perlu gentar, jangan sampai kita tidak percaya diri, jangan kita meragukan kemampuan bangsa sendiri, karena sejatinya, kemampuan dan reputasi Indonesia sudah diakui di tingkat dunia,” ujar Jokowi saat membacakan pidato kenegaraan pada Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Ia pun memaparkan beberapa bukti kiprah Indonesi yang menonjol di tingkat internasional. Salah satunya saat Indonesia terpilih menjadi anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. “Kepercayaan dunia ini harus kita tunaikan sebaik-baiknya,” kata Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, dunia juga sangat menghargai rekam jejak diplomasi Indonesia, terutama diplomasi perdamaian dan diplomasi kemanusiaan. Tercatat Indonesia telah menjadi tuan rumah pertemuan Trilateral Ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan sebagai upaya untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan. Indonesia juga menjadi tuan rumah dari Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia yang membahas Wasathiyyah Islam sebagai poros utama Islam dunia.

master tukang
Presiden Joko Widodo membeberkan sejumlah langkah tegas yang sudah dilakukan pemerintahannya selama sekitar empat tahun terakhir. Hal itu disampaikan Presiden saat pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-73 proklamasi kemerdekaan RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). Apa saja langkah tersebut?
  • Perlindungan hutan dan lahan “Upaya itu telah membuahkan hasil. Area kebakaran hutan dan lahan menurun signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Jokowi. Jokowi sekaligus mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat yang dengan penuh dedikasi, mencegah dan ,melawan ancaman kebakaran hutan.

    Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia telah mengekspor alutsista ke Afrika dan BUMN telah mulai melakukan kerja sama pembangunan infrastruktur di Afrika. Jokowi juga menyoroti Komisi Eropa telah mencabut larangan terbang bagi semua maskapai penerbangan di Indonesia. “Pada bulan Juni 2018, sebuah capaian penting dalam pembangunan reputasi bangsa Indonesia di mata dunia juga ditorehkan. Komisi Eropa telah mencabut larangan terbang bagi semua maskapai penerbangan di Indonesia,” ucap Jokowi.

  • Menjaga sumber daya alam Indonesia Jokowi mengatakan, prinsipnya, Indonesia harus berdaulat atas sumber daya alamnya. Di bidang maritim, pemerintah sudah mengambil langkah tegas dengan mencegah pencurian ikan di perairan Indonesia. “Kita tidak main-main dengan aksi pencurian ikan yang dulu sering terjadi di perairan kita,” ujar Jokowi.

  • Pemberantasan terorisme Dalam hal ini, Jokowi mengatakan, pemerintah mendukung sinergi antara Polri, TNI, BIN, BNPT dan seluruh elemen bangsa dalam upaya pemberantasan terorisme. “Untuk itu, pemerintah akan terus memastikan stabilitas keamanan, termasuk dengan alutsista yang lebih modern serta meningkatkan kemampuan, pofesionalisme dan kesejahteraan TNI Polri,” ujar Jokowi.

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *