Thursday, February 22, 2018
Home / Uncategorized / Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Brawijaya Tembus 232 Juta
iklan elite door

Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Brawijaya Tembus 232 Juta

kampus brawijaya malangBiaya Kuliah Kedokteran di Universitas Brawijaya Tembus 232 Juta. Biaya pendidikan tinggi semakin melambung tinggi. Calon mahasiswa yang ingin masuk Universitas Brawijaya (UB) melalui jalur mandiri, atau yang disebut Seleksi Penerimaan Minat dan Kemampuan (SPMK), kini harus merogoh kocek sangat dalam.

Biaya tersebut tercantum di selma.ub.ac.id, biaya termurah masuk UB jalur SPMK ini ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Rp 15.625.000 dan termahal di Fakultas Kedokteran Rp 232.500.000. Hal ini karena UB tidak memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur SPMK ini.

Kepala Humas UB, Dra Susantinah Rahayu menerangkan, biaya masuk bagi calon mahasiswa UB jalur SPMK akan dikenai tiga biaya. Yaitu Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP), Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), dan biaya lain-lain.

Dijelaskan Santi, panggilan akrabnya, ada tiga kategori biaya pada SPFP dan SPP di jalur SPMK ini. Untuk biaya lain-lain, jumlah totalnya seragam, yakni Rp 2.485.000. “Kalau SPFP dan SPP berbeda-beda tiap program studi (prodi),” kata Santi kepada Surya Online, Minggu (7/7/2013).

master tukang

Santi mencontohkan, untuk SPFP prodi Pendidikan Kedokteran jalur SPMK kategori 3 Rp 232.500.000 dan SPP Rp 4.500.000. “Kalau prodi manajemen, SPFP kategori 3 sebesar Rp 51.600.000 dan SPP Rp 4.950.000,” paparnya. Santi menuturkan karena ada kategori-kategori, baik SPFP dan SPP ini bentuknya tetap proporsional. Dan jumlahnya pun tidak berbeda dengan biaya tahun lalu. “Tidak ada perbedaan biaya antara tahun ini dengan tahun lalu,” ujarnya.

Ketika ditanya mengapa membatalkan UKT untuk jalur SPMK, Santi berkilah untuk jalur mandiri pengelolaannya merupakan hak internal kampus. “Sudah ada payung hukumnya kalau pembiayaan jalur mandiri itu hak prerogatif kampus,” ucapnya.

Santi menjelaskan jalur SPMK UB sudah dibuka sejak 17 Juni dan ditutup 15 Juli. Namun ada hal yang baru pada jalur SPMK UB 2013 ini.  Dijelaskan, calon mahasiswa bisa memilih empat pilihan prodi berbeda. Dua prodi pilihan di kampus utama Jalan Veteran, satu prodi di Kampus UB Kediri, dan satu prodi vokasi (D3). “Kami memberikan banyak opsi ini, agar kemungkinan masuk UB semakin besar,” tandasnya. (surya)

Incoming search terms:

biaya fakultas kedokteran universitas brawijaya,universitas brawijaya fakultas kedokteran gigi,biaya kuliah kedokteran termurah,biaya kuliah kedokteran brawijaya,kedokteran gigi kediri,kedokteran unbraw,biaya kuliah jalur mandiri fk termurah,biaya kuliah di unbraw,prodi prodi unipati,imformasi kedokteran unipati ambon,jalur mandiri unbraw,jurusan kebidanan termurah,jurusan kedokteran brawijaya malang,jurusan universitas brawijaya malang,kedokteran brawijaya malang,ukt fkg di berbagai universitas,kedokteran gigi mojokerto,syarat2 masuk kedokteran di universitas malang,masuk unibraw kedikteran biaya,pembiayaan kuliah di fakultas kedokteran,fkg unibra,fakultas krdokteran gigi,fakultas kedokteran gigi unbraw,biaya fk unbraw,biaya kedokteran brawijaya malang,biaya kuliah fak kedokteran UPN Jakarta 2017,biaya kuliah fakuktas kedokteran universitas muhammadiyah surabaya,biaya kuliah kedokteran di gresik,biaya kuliah kedokteran di univ jember,biaya kuliah kedokteran gigi brawijaya,biaya kuliah kedokteran ter murah,biaya kuliah kedokteran universitas brawijaya,biaya masuk fakultas kedokteran unbra 2017,biaya masuk fakultas kedokteran universitas brawijaya,biaya masuk fakultas kedokteran unmuh malang,biaya masuk unibraw,biaya untuk kuliah kedokteran di unbra,fakultas biaya kuliah kedokteran universitas brawijaya,universitas brawijaya malang fak kedokteran umum

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *