Monday, August 21, 2017
Home / Radar Daerah / Radar Gresik / Ubah Lahan Sampah Jadi Lahan Produktif, PHE WMO Kucurkan Dana Untuk Kampung Gresik Ini
iklan elite door

Ubah Lahan Sampah Jadi Lahan Produktif, PHE WMO Kucurkan Dana Untuk Kampung Gresik Ini

Budidaya lele, pengadaan tanaman hidroponik serta green house menjadi pemandangan yang menarik bagi setiap orang yang melintasi kawasasan Desan Sidorukun, Kecamatan Gresik, Gresik.

Lantaran warga yang tinggal di RT 1 RW VI berhasil membuat kampung yang berada di sekitar wilayah industri tersebut tampak asri dengan hadirnya bunga serta pohon kecil di sepanjang jalan serta sejumlah tanaman hidroponik yang tumbuh di dalam pipa besar.

Di dataran yang lebih tinggi sekitar 3 meter terdapat lahan seluas 150 meter persegi yang dijadikan 6 kolam lele dengan ukuran 3 x 3 meter, dan green house yang ditanami tanaman toga.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kader Lingkungan RT 1 RW VI, Ismawati. Ismawati mengatakan jika dulunya tempat tersebut merupakan tempat pembuangan sampah.

master tukang

Dari keinginan warga yang membuat lingkungan menjadi lebih sehat akhirnya sekarang tinggal memanen hasilnya.

Dari budidaya lele sendiri tiap bulan sekali, sekitar 1 kuintal lele dapat dipanen.”terangnya.

Usaha merekapun memperoleh perhatian dari PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshoere (PHE WMO) yang memberikan kucuran dana CSR untuk water treatment, penghijauan serta bak sampah di tiap rumah warga.

Dari bantuan dana tersebut usaha yang telah warga rintis semakin berkembang. Sejumlah tanaman seperti kangkung, selada, bayam merah, sawi, bayam hijau serta tanaman lain dikembangkan secara hidroponik.

Jangka panjangnya nanti sejumlah tanaman tersebut akan dijual ke supermarket supaya lebih dapat menambah penghasilan.

Bahkan warga juga menerima bantuan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Sehingga air limbah yang dialirkan ke selokan dapat diubah menjadi air bersih.

Lalu dialirkan ke rumah – rumah untuk kepentingan mencuci, mandi, hingga kebutuhan kolam lele.

 

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *