Thursday, June 29, 2017
Home / Agrobisnis / Peternakan / Penyebab Statisnya Produksi Susu Di Jawa Timur
iklan elite door

Penyebab Statisnya Produksi Susu Di Jawa Timur

Untuk bulan Juli – September 2015, produksi susu di Jawa Timur tidak menunjukkan peningkatan bila dibandingkan dengan tahun lalu tidak juga mengalami penunuran, lantaran musim kemarau yang panjang.

Kondisi tersebut disampaikan oleh Sulistyanto, Ketua Bidang Usaha Badan Pengurus Pusat Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI). Hasil produksi susu masih terbilang stabil karena banyak sapi dalam keadaan bunting.

“Sapi dalam kondisi bunting mencapai hingga 51,3 persen atau sekitar 95 ribu dari 185 ribu sapi perah yang ada,”ungkapnya pada kamis (27/08/2015).

Bila jumlah sapi yang bunting tidak banyak maka jumlah produksi susu di Jawa Timur pasti akan menurun hingga 10 – 15 persen lantaran rumput sulit didapatkan di musim kemarau seperti sekarang ini.

master tukang

Sayangnya, penurunan terjadi pada kualitas susu karena pakan ternak bergantung pada pakan konsentrat.

Untuk periode ini, produksi susu di Jawa Timur bisa mencapai 900 ton/hari yang bersumber dari 185 ribu sapi perah.

Seharunya produksi lebih bisa meningkat sekitar 15 persen tiap tahun. Sayangnya banyak hambatan yang menyebabkan produksi susu tidak sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Sejumlah faktor yang menyebabkan kondisi tersebut seperti susahnya para peternak untuk melakukan peremajaan sapi yang mereka miliki, serta minimnya pengetahuan dan biaya yang mahal. Ditambah pemerintah hanya memberikan sedikit kuota impor sapi perah.

Incoming search terms:

cara membuat kandang ayam petelur,harga doc petelur,fluktuasi harga burung walet di komoditi peternakan,jantan ayam petelur,komunitas peternak lele jember

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *