Saturday, December 16, 2017
Home / Pilgub Jatim 2018 / PDIP Berulangkali Beri Sinyal Risma Maju Pilgub Jatim
iklan elite door

PDIP Berulangkali Beri Sinyal Risma Maju Pilgub Jatim

Meski isu yang menguat adalah PDIP akan ikut mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang sudah direkomendasi secara lisan oleh PKB sebagai cagub Jatim. Jika PDIP bergabung ke PKB, jatah cawagub menjadi haknya. Nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas disebut-sebut sebagai cawagub PDIP.

PDIP, yang hanya memiliki 19 kursi di DPRD Jatim, otomatis wajib menggandeng partai lain. Syarat mengusung calon sendiri minimal memiliki 20 kursi.

Namun skenario PDIP ikut mendukung Gus Ipul bisa dikatakan bakal bubrah dengan kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, yang menemui Tri Rismaharini di rumah dinas Wali Kota Surabaya, Senin (9/10/2017).

Memang tidak ada pernyataan resmi PDIP sudah mendukung Risma. Tetapi Hasto mengaku diutus untuk menyampaikan pesan khusus oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Risma

master tukang

Pesan khusus itu tidak terungkap secara gamblang. Seusai pertemuan dengan Risma, yang didampingi Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana, Ketua PDIP Surabaya Adi Sutarwijono serta Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi menemui wartawan.

Di situlah isyarat PDIP menginginkan Risma maju terbaca. Secara resmi, PDIP akan mengumumkan cagub dan cawagub Jatim serta partai koalisinya pada 15 Oktober 2017.

“Yang diundang terutama struktur partai, pada Sabtu malam tanggal 14 akan diberikan penjelasan dan pengumuman langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada 15 Oktober,” jelas Hasto.

“Para calon akan kita tampilkan,” tambah dia.

Di tengah wawancara, Hasto melontarkan candaan yang menyerempet ke dukungan Risma, yang pada 15 Oktober sedang berada di Jepang untuk menerima penghargaan.

“Jangankan di Tokyo, kita siapkan teleconference. Di New York saja beda 12 jam beliau bisa. Bu Risma kan terus mengikuti perkembangan teknologi,” kelakar Hasto.

Hasto juga menyebut peluang Risma dalam Pilgub Jatim 2018 sangat besar. Alasannya, Wali Kota Surabaya ini banyak mendapat penghargaan yang merupakan salah satu indikasi pemimpin yang diapresiasi rakyat.

“Bu Risma juga punya peluang. Ini kan pemilu rakyat, rakyat kan mengapresiasi terhadap kepemimpinan Bu Risma, maka Bu Risma menerima penghargaan di mana-mana, artinya rakyat memberi apresiasi,” ujar Hasto.

Hasto juga mengungkapkan survei nama Risma di lingkup internal PDIP sangat tinggi dibanding cagub lain, tanpa menyebut nama calon lainnya.

“Hasil survei kami sangat tinggi. Survei kami, Bu Risma ini tinggi,” tegas dia.

Pertanyaannya, mengapa Megawati mengutus Hasto menemui Risma jika tiket PDIP akan dijatuhkan kepada Gus Ipul, seperti yang terungkap dalam safari politik Wasekjen PDIP Ahmad Basarah ke sejumlah kiai NU di Jawa Timur?

Risma juga menunjukkan reaksi berbeda. Risma, yang sebelumnya kerap bersuara lantang menyatakan penolakannya sebagai cagub Jatim, kali ini memiliki jawaban lebih lunak.

“Tunggu tanggal mainnya,” jawabnya berulang kali saat ditanya wartawan soal isi pertemuan dengan Hasto.

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan – Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli.

Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *