Thursday, June 29, 2017
Home / Sehat / Kenali Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual Pria & Wanita
iklan elite door

Kenali Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual Pria & Wanita

Penyakit menular seksual menjadi hal yang jamak terjadi dewasa ini. namun seringkali orang yang terkena penyakit menular seksual tidak mengenali gejala-gejalanya. Kenali Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual. Penyakit Menular Seksual (PMS) dapat tertularkan melalui kontak seksual baik dengan proses hubungan intim via vagina, anal, atau oral. Infeksi dapat tertular dari wanita ke wanita atau dari pria ke pria.

Beberapa penyakit menular dapat disembuhkan dengan antibiotik, namun penyakit seperti HIV tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan namun terdapat terapi untuk mengurangi gejala. Bila seseorang terinfeksi dengan PMS akan sulit terlihat, oleh karena itu sangat penting untuk memeriksakan diri bila Anda sudah pernah berhubungan intim tanpa perlindungan dengan pasangan bukan tetap.

Gejala Klinis Penyakit Menular Seksual

Banyak yang tidak menyadari kalau mereka terinfeksi oleh PMS, termasuk beberapa wnaita yang terkena infeksi chlamydia. Bila tidak diobati, chlamydia dapat mempengaruhi fertilitas wanita. Sebanyak 50% wanita dan 10% pria yang terinfeksi dengan gonorrhea tidak ada gejala.  Segera lakukan pemeriksaan jika Anda menemukan gejala-gejala berikut ini:

  1. Nyeri saat buang air kemih
  2. Gatal, rasa terbakar atau perasaan kesemutan pada alat kelamin
  3. Luka, bintik-bintik atau benjolan pada alat kelamin dan anus
  4. Serbuk hitam atau titik-titik putih pada celana dalam (dapat menandakan telur kutu)

 

master tukang

Gejala Penyakit Menular  Seksual Pada Wanita:

  1. Keputihan bewarna kuning atau hijau
  2. Keputihan yang berbau
  3. Pendarahan diluar sikluas haid atau setelah berhubungan intim
  4. Nyeri saat berhubungan
  5. Nyeri perut bawah

 

Gejala Penyakit Menular  Seksual Pada Pria:

  1. Keluarnya cairan dari penis
  2. Iritasi pada alat kelamin

Paparan gejala-gejala diatas belum menentukan secara pasti 100% Anda terkena PMS,  namun tidak ada salahnya lakukan pemeriksakan untuk mendapatkan kejelasan dari gejala yang dialami. Bagaimana cara agar aman saat berhubungan intim? Gunakan kondom untuk melindungi Anda dari tertularnyaPMS. (klik dokter)

Comments

comments

About Radar Jatim - Berita Jatim

Radarjatim.com dikelola oleh komunitas Blogger Kecamatan Bangilan - Tuban. Berupaya menyajikan informasi Jawa Timur terkini, Berimbang, Kritis, dan Peduli. Untuk kontak kerjasama via email di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *