Thursday, August 24, 2017
Home / Travelling & Wisata Jatim / Indahnya Pantai Gua Cina di Malang
iklan elite door

Indahnya Pantai Gua Cina di Malang

Salah satu pantai di Jawa Timur yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah Pantai Gua Cina yang berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan.

Untuk mencapai pantai tersebut, memerlukan setidaknya 3 jam perjalanan dari Kota Malang. Pengunjung yang berasal dari luar kota bisa harus menmperhitungkan waktu sebaik mungkin. Bisa juga, singgah dulu di Kota Malang untuk menginap.

Sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Malang, anda akan mulai memasuki kawasan perbukitan dengan medan jalan naik turun dan berkelok. Namun, pengunjung dimanjakan dengan pemadangan pegunungan dengan batuan kapur menghiasi sepanjang perjalanan.

“Harus hati hati disini, karena jalan sempit dan berkelok,” ujar Pak Tomo, salah seorang sopir yang melewati tempat ini.

master tukang

Lokasinya yang tersembunyi membuat Pantai Gua Cina ini jarang terekspos. Padahal pemandangan pantainya yang menghadap lepas ke Samudera Hindia membuat siapa saja yang datang ke pantai ini enggan untuk begegas pergi meninggalkannya.

Pasir putih terhampar sejauh mata memandang. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung-warung makanan yang menyediakan menu khas ikan bakar plus minuman es kelapa muda. Selain menyediakan menu seafood, warung-warung di kawasan Pantai Gua Cina juga menyediakan menu rumahan, seperti sayur asem, tahu tempe, sambal terasi dan aneka lalapan.

Menurut legenda, pantai ini dinamakan Pantai Gua Cina karena memang di pantai ini ada sebuah gua yang berada di bukit di pinggir pantai.

“Di dalam gua itu dulu ada seorang yang bertapa, keturunan Cina, ia bertapa di dalam gua hingga meninggal dunia di sana, makanya dinamakan Gua Cina,” jelas Sumadi, warga setempat.

Oleh karena itu, tak heran di sini juga terdapat bangunan mushola dengan gaya arsitektur Cina serta gapura selamat datang yang depan bukit Gua cina yang juga mengusung arsitektur Cina.

Untuk sampai ke Pantai Gua Cina ini dari Malang , menuju arah Gadang, Turen dan Sendang Biru. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang menuju ke Terminal Gadang dengan naik angkot AG / GA. Selanjutnya dari Terminal Gadang menuju Sumbermanjing wetan / Sendang biru dengan naik angkot bison. Perjalanan dilanjutkan dari Sendangbiru menuju Pantai Gua Cina dengan naik ojek.

Incoming search terms:

pantai gua cina malang,pantai gua cina malang jatim,pmengapa pantai gua china dinamakan pantai gua china?,psk malang jtm

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *