Monday, October 23, 2017
Home / Nasional / Bukannya Jadi Pegawai Spa, 23 TKI Dipaksa Layani 9 Pria Sehari
iklan elite door

Bukannya Jadi Pegawai Spa, 23 TKI Dipaksa Layani 9 Pria Sehari

Perdagangan manusia atau human trafficking kembali terjadi kali ini menimpa 23 wanita yang merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Bukannya menjadi TKI ternyata mereka dipaksa menjadi PSK (pekerja seks komersial) di Malaysia.

Nasib buruk pada perempuan Jawa Barat serta Jakarta tersebut bermula ketika mereka bertemu dengan AR (Vio).

AR menjanjikan kepada mereka jika mereka akan bekerja di spa di Malaysia dengan gaji Rp 15 juta/bulan.

master tukang

Perekrutan mereka sendiri itu lewat medsos seperti whatsapp, bee talk, wechat serta BBM.

Bahkan para korban juga dibuatkan paspor yang memakai dokumen palsu yang diperoleh dari RHW dan SH dengan ongkos Rp 9,5 / paspor.

Kombes Pol Umar Surya Fana, Kasubdit III, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengatakan jika dicurigai paspor tersebut dibuat oleh anggota dari Dirjen Imigrasi DKI Jakarta.

Sebelumnya tersangka menempatkan sejumlah wanita tersebut di apartemen kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utama selama 2 minggu sebelum ke Malaysia.

Para wanita malang tersebut juga dimintai Rp 10 – 15 juta guna ongkos keberangkatan. Selain itu selama di Malaysia mereka juga baru akan memperoleh gaji setelah 2 bulan bekerja sebagai PSK.”terang Umar.

Terbongkarnya kasus perdagangan manusia tersebut setelah satu korban YS berhasil kabur. Dia berhasil kabur dengan mengatakan jika dirinya sedang sakit dan ingin ke klinik.

Setibanya di tanah air, korban langsung datang ke Bareskrim Polri.

Berdasarkan penuturan YS, para TKI yang lain dipaksa untuk jadi PSK. Sedang perjanjian semula mereka akan bekerja di spa.

Dari kesaksian YS pula diketahui jika mereka dipaksa melayani 4 – 9 pria hidung belang dalam sehari.

Dari 23 TKI baru 18 wanita yang dapat diselematkan sedangkan yang lain belum diketahui keberadaannya.

Umar mengatakan jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri dan penyidik segera akan dikirim ke negeri jiran tersebut guna memeriksa korban di shelter KBRI di Kuala Lumpur.

 

Untuk oknum petugas imigrasi DKI Jakarta yang menerbitkan paspor tersebut juga akan segera dipanggil.

Adapun modus pemalsuan paspor tersebut yakni dengan menggunakan paspor yang sudah tidak berlaku dan kemudian foto dan dokumen diganti menjadi milik korban. Satu paspornya dihargai Rp 800 ribu.

 

Incoming search terms:

kesaksian pekerja spa

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *