Thursday, August 24, 2017
Home / Bisnis Jatim / Berikut Solusi Dapatkan Modal Besar Untuk UMKM Dari Soekarwo
iklan elite door

Berikut Solusi Dapatkan Modal Besar Untuk UMKM Dari Soekarwo

Saran untuk melakukan pemangkasan terhadap belanja pegawai serta barang jasa dari APBD disampaikan oleh Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.

Pemangkasan tersebut dilakukan supaya dana tersebut dapat dialihkan ke sektor non fasilitas atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Usulan tersebut juga didasarkan pada data yang menyebutkan jika perekonomian provinsi dapat berjalan maksimal karena digerakkan dari investasi non fasilitas yang diurusi oleh pemerintah kabupaten serta kota.

Dari total investasi Rp 163,68 triliun diperoleh perincian jika Rp 95,77 triliun berasal dari kabupaten dan kota. Rp 32,42 triliun berasal dari modal asing dan Rp 35,49 triliun dari modal dalam negeri.

master tukang

Soekarwo mengatakan jika cara pandang akan investasi harus dirubah. Lebih baik Bupati, wakil DPRD berjualan atau investasi jangka pendek bukannya studi banding yang mana hanya merupakan investasi yang belum terealisasi.

Namun masalah pembiayaan menjadi masalah yang harus dilewati oleh para pelaku UMKM. Lantaran suku bunga kredit yang diberikan bank terhadap UMKIM sekitar 18 – 21%. Sedangkan untuk industri besar malah hanya 12%.

Soekarwo memberikan solusi yakni diadakannya Jamkrida (Jaminan kredit daerah) sebesar 1,25% Jamkrida insurance ditambahkan dengan 12% total 13,25%.

Sehingga bank harus mau merendahkan bunga kreditnya karena telah diasuransikan pemerintah daerah. Sehingga bila terjadi sesuatu terhadap UMKM tersebut sudah ada asuransi yang menanggung.

Oleh sebab itulah Soekarwo menyaranka supaya Pemerintah Daerah memangkas belanja barang dan jasa di tiap satuan kerja. lebih baik anggaran tersebut dimasukkan ke Badan Perkreditan Rakyat (BPR) yang natinya sebagai kredit untuk pengusaha UMKM.

Dukungan penuh Soekarwo terhadap UMKM ini juga didasarkan pada 54,98% dari Rp 1.689,88 triliun produk domestik regional bruto di Jawa Timur mayoritas berasal dari UMKM. Selain itu UMKM menyerap 98% tenaga kerja.

 

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *