Saturday, December 16, 2017
Home / Bisnis Jatim / Alasan Kredit Pertanian Tidak Disalurkan Oleh Perbankan
iklan elite door

Alasan Kredit Pertanian Tidak Disalurkan Oleh Perbankan

Pihak perbankan kurang begitu berminat untuk memberikan kredit pertanian walaupun pemerintah sudah menyiapkan beragam skema untuk meningkatkan kualitas calon debitur supaya dapat mengakses sumber dana formal.

Porsi kredit untuk pertanian hanya 2,71% atau senilai Rp 9,75 triliun dari total kredit pihak perbankan Rp 360 triliun / Juli 2016 dari Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur.

Diperoleh keterangan dari Taufik Saleh, Kepala Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia Jatim jika tidak semua bank siap serta memiliki standard operasional prosedur untuk menyalurkan kredit pertanian. Hingga terjadilah kesenjangan kompetensi pada pembiyaan sektor agrikultur.

Sebetulnya kredit pertanian telah disalurkan kepada kelompok tani bukan perseorangan. Cara tersebut seharusnya lebih mudah dikarenakan pemerintah pusat telah mempunyai program asuransi tani padi yang juga ditujukan ke kelompok tani.

master tukang

Yang menjadi masalah yakni belum adanya penghubung antara bank dengan kelompok tani yang memegang asuransi.

Diperoleh keterangan lain dari Budi Susetyo, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Timur, Bali Nusa Tenggara jika saat ini belum ada pihak bank yang mempunyai standard baku penilaian kelayakan kredit pertanian.

Hal tersebut menimbulkan anggapan jika kredit pertanian berisiko tinggi serta tidak layak untuk dibiayani perbankan.

Sedangkan negara lain misalnya Korea telah menunjuk bank guna berfokus pada sektor tersebut. Bila nantinya tidak segera ada solusi, takutnya pihak asing akan masuk.

 

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur.

Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *