Thursday, June 29, 2017
Home / Agrobisnis / Peternakan / 1 Kg Daging Sapi Di Madiun Tembus Rp 110.000
iklan elite door

1 Kg Daging Sapi Di Madiun Tembus Rp 110.000

Lebaran telah usai tapi harga kebutuhan pangan malah merangkat naik. Kali ini giliran harga daging sapi yang meresahkan warga. melonjaknya harga daging sapi ini terjadi di Pasar Mejayan Baru, Madiun. Di pasar ini, harga daging sapi per kilogramnya mencapai 110 ribu rupiah. Harga ini lebih mahal jika dibandingkan dengan harga daging sapi ketika lebaran.

Melonjaknya harga daging sapi ini telah berbanding terbalik dengan harga daging ayam yang telah menurun. Dulu per kiloogramnya mencapai 56 ribu rupiah kini sudah menjadi 34 ribu rupiah.

“Pada hari – hari sebelumnya harga masih berkisar di 100 ribu rupiah, tapi beberapa waktu terakhir harga daging sapi per kilogramnya sudah naik menjadi 110 ribu rupiah,”tutur Mbah Tumpi, salah satu penjual daging sapi di Pasar Mejayan Baru.

Lonjakan harga daging sapi ini karena jumlah pasokan daging sapi menurun, kata wanita yang telah berusia 65 tahun tersebut. Hal ini juga memicu merosotnya omzet harian yang diperolehnya.

master tukang

Bila pada hari – hari sebelumnya dia bisa menjual hingga 25 kilogram daging setiap harinya, kini dia hanya bisa menjajakan 10 kilogram daging sapi per harinya.

“Jika harga naik, pasti pembeli menurun,”ungkapnya.

Sebelum kenaikan harga ini terdapat 6 pedagang daging sapi di Pasar Mejayan Baru, tapi kini hanya ada 3 pedagang yang masih berjualan. Sedangkan 3 pedagang lainnya memilih untuk berjualan jika ada pemesanan.

“Penyebab kenaikan harga ini karena menipisnya stok potong di pasaran,”jelasnya.

Namun, masyarakat masih bisa mencoba alternatif daging lain seperti daging ayam yang sudah mengalami penurunan harga dari 60 ribu rupiah menjadi 34 ribu rupiah per kilogramnya,”kata Bu Harjono Pedagang daging ayam di Pasar Mejayan Baru.

“Namun sejumlah pembeli menganggap harga tersebut masih tinggi,”paparnya.

“Bila keadaan seperti ini dibiarkan saja maka sejumlah pedagang daging ayam dan pedagang daging sapi akan bangkrut. Lantaran Pasar Mejayan baru baru beroperasi selama 2 tahun yang lalu, “katanya.

 

Comments

comments

About Wulandari

Wulandari Adalah Kontributor Penulis di Radar Jatim. Radar jatim merupakan media berbagi informasi untuk tumbuh bersama kesadaran politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Jawa Timur. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah ataupun komunitas bisa beriklan gratis tanpa biaya apapun. Silahkan buat review usaha anda sebanyak 200 kata atau lebih disertai foto dan alamat usaha lalu kirim ke pesan facebook kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *